Ads 468x60px

Featured Posts

RSS

CONTOH PROPOSAL USAHA ( PT. VMM )

PT. VMM
1. Latar Belakang Perusahaan

      PT. VMM merupakan perusahaan yang resmi didirikan pada tahun 2012, dan berlokasi di Jalan Raya Protokol No. 9, Mergowati Kedu Temanggung- 56252, dengan luas area sekitar 2453 m2. Pemilihan lokasi perusahaan ini karena lokasi yang dipilih dekat bahan baku, letaknya sangat strategis dekat dengan kawasan pasar, perumahan pertokoan sehingga produk yang dihasilkan mudah disalurkan kepada konsumen, dan juga perusahaan dekat dengan jalan raya sehingga pendistribusian bahan penunjang dan penjualan mudah dilakukan. Perusahaan ini merupakan perusahaanperorangan dimana kepemilikan sahamnya 100% dikuasai oleh pengusaha yang  berasal dari kota Temanggung tepatnya di Desa Mergowati. Produk utama perusahaan ini yaitu Permen Karet.

2. Bentuk Usaha

PT. VMM merupakan salah satu industri yang bergerak di bidang confectionary yang produk utamanya yaitu kembang gula. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI) No.01-3547-1994 kembang gula atau permen adalah jenis makanan selingan berbentuk padat, yang dibuat dari gula atau pemanis lain atau campuran gula dengan pemanis lain, dengan atau tanpa penambahan bahan tambahan makanan lain yang di izinkan. Bahan tambahan makanan yang masih biasa dipakai antara lain:asam sitrat, asam laktat, asam tatrat, zat perasa (flavor), susu, coklat, dan sebagainya. Sedangkan kembang gula sering dikenal sebagai confectionery yang berasal dari bahasa latin confecto (conficere) yang artinya penambahan (to compound) sedangkan kata candy berasal dari bahasa arab Quand yang artinya gula. Confectinery ini terbagi menjadi dua yaitu confectionery gula dan confectionery cokelat. Produk confectionery gula inilah yang dikenal dengan kembang gula/ permen.
 
Permen kunyah dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu chewy coated gum dan Permen Karet. Perbedaan antara keduanya terletak pada kemampuan untuk menghasilkan bubble (balon/gelembung). Pada Permen Karet dihasilhan balon yang besar karena terbuat dari jenis gum yang mempunyai elastisitas yang lebih tinggi. Biasanya gum candy mengandung getah sintetik khusus sehingga mempunyai elastisitas yang baik dan mempunyai kadar air 6-7%. Sementara itu, untuk chewy coated gum candy dilapisi oleh syrup coating yang membentuk tekstur yang keras pada permukaan candy sehingga permen jenis ini hanya dikonsumsi sebagai permen karet kunyah. Disamping itu Chewy coated gum candy tidak mampu menghasilkan bublle atau balon yang besar karena bahan karet yang digunakan mempunyai elastisitas yang rendah.





3. Visi dan Misi Perusahaan

VISI:
  •  Memberikan kebahagiaan dari setiap permen yang dimakan oleh semua orang di Dunia
  •  Membuat PT. VMM sebagai perusahaan terbesar di Dunia.
  •  Menciptakan produk produk baru yang belum diciptakan oleh siapapun
MISI:
  •  Menerapkan dan membina apa yang dimaksud dengan membuat permen sepenuh hati.
  • Memanfaatkan sumber daya manusia dengan mendidiknya menjadi sumber daya yang unggul, cerdas, inovatif, dan kreatif.
  • Meningkatkan kualitas dari produk produk yang ada.
  • Memilih bahan-bahan dasar yang tepat dan berkualitas.


4. Struktur Organisasi PT. VMM
 

- Struktur Organisasi   :
  • ü    Pemilik Saham          : Lalang Kurdiawan
  • ü    Presiden Direktor      : Wahyudi
  • ü    Sales & Marketing      : Ayesha Mila
  • ü    Manager Produksi       : Mustika
  • ü    Manager Engineeering   : Wahyu Tri
  • ü    HRD                    : Titus Bonai
  • ü    Manager QC             : Hendra Ridwan
  • ü    Manager QA             : Afan asudi
  • ü    Manager RnD            : Carasco
  • ü    Karyawan Produksi dan gudang    : 80 orang
  • ü    Karyawan Engineering   : 10 orang
  • ü    QC                     : 8 orang
  • ü    Satpam                 : 3 orang
  • ü    Cleaning Service       : 8 orang


-Fasilitas dan Sistem Ketenagakerjaan
PT.VMM Indonesia memiliki fasilitas diantaranya ruang produksi, gudang bahan baku dan gudang barang jadi, kantor, lab QC, workshop, mushola, kantin, area parkir, toilet, loker, dan taman
PT. Indonesia memiliki karyawan sekitar 500 karyawan. Setiap karyawan mendapat fasilitas berupa gaji bulanan, tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, penyediaan makanan, asuransi jamsostek, serta mendapatkan fasilitas lain berupa seragam atau pakaian kerja. Karyawan di PT. VMM Indonesia ada yang berstatus sebagai karyawan tetap dan ada pula yang berstatus sebagai karyawan kontrak.

   Karyawan di PT. VMM terbagi dalam 2 waktu kerja yaitu Shift dan Non Shift.Dengan pembagian waktu kerja sebagai berikut:
    1. Non Shift / General Shift
        Karyawan yang bekerja mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dan masuk selama 5 hari kerja setiap minggunya yaitu mulai hari Senin sampai Jumat.

      2. Shift 1
            Karyawan kerja shift 1 mulai bekerja pada pukul 06.00 sampai dengan  pukul 13.30 dan masuk selama 6 hari kerja sesuai dengan ketentuan jadwal.

    3. Shift 2
            Karyawan kerja shift 2 mulai bekerja pada pukul 13.30 sampai dengan pukul 22.00 dan masuk selama 6 hari kerja sesuai dengan ketentuan jadwal.

    4. Shift 3
            Karyawan kerja shift 3 mulai bekerja pada pukul 22.00 sampai dengan pukul 06.00 dan masuk selama 6 hari kerja sesuai dengan ketentuan jadwal.




5. Bahan-bahan dalam Pembuatan Permen Karet
·    Gum base (Bahan Karet)
·    Gula
·    Glukosa
·    BTM (Monodose)
·    Plastik Kemas

6. PROSES PENGOLAHAN PERMEN KARET
     Proses pengolahan dalam pembuatan Permen Karet yaitu persiapan bahan, pemanasan gumbase (bahan karet), penghancuran gula , mixing (pencampuran), trolly dough dan metal detector, extruding (pembentukan tali), cooling (pendinginan), metal detector dan Pengemasan (packing).
 Diagram Alir pembuiatan Permen Karet
7. Informasi Produk

Nama Produk : Big Gum
Kategori
        : -
Jenis Produk
    : Permen Karet
Kemasan
         : Pillow, Pouch ,Box
Warna Kemasan   :
Orange, Rad, Pink, Yellow, Blue, Green
Harga Perkiraan :
@ 1 pieces                              Rp. 100,-
@ Pouch                                 Rp. 3.000,-
@ Box                                   Rp. 70.000,-

8. Sertifikasi / Izin

Halal
BPOM RI MD : 33230908940002
Kode Batang : 1 4453767888 787983
SNI : 01-3660-2012-II

9. Pemasaran
     Untuk proses pemasaran permen karet ini yaitu dipasarkan ke beberapa daerah di Indonesia. System pemasarannya yaitu dengan mengandalkan kinerja dari sales and marketing. Produk disalurkan ke daerah daerah kawasan Perusahaan dan kota kota di Indonesia, kemudian nantinya menyebar di toko toko di kawasan daerah tersebut.
           


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "